Desa Sewaka adalah salah satu Desa yang ada di Kecamatan Pemalang. Desa ini terkenal dengan hasil pertaniannya yang melimpah. Begitu pula dengan keadaan lingkungan yang sangat religius.

Sebuah prasasti ditemukan di nisan makam kesepuhan yang dipercaya menjadi awal mula sejarah Desa Sewaka. Walaupun nisan makam ini sudah tidak begitu terawat tetapi prasasti ini tetap di percaya sebagai salah satu peninggalan yang bersejarah.

Ditelusuri dari cerita turun temurun masyarakat, Desa Sewaka ini sebenarnya berasal dari kata Pasewakan yang artinya tempat untuk berkumpul. Memang Desa Sewaka ini merupakan salah satu desa tertua yang ada di Kecamatan Pemalang. Dahulu Pasewakan ini adalah tempat yang sering digunakan untuk berkumpul bagi para pemula yang ingin berguru di Perkumpulan ini. Karena pengucapan masyarakat yang semakin berubah Pasewakan berubah menjadi Sewaka.

Perlu diketahui Desa Sewaka ini memiliki 6 Dusun diantaranya adalah Dusun Karanglo, Dusun Cengis,Dusun Mongkrong,Dusun Sewaka,Dusun Sigentong dan Dusun Kranggan.

Secara Administrasf Desa Sewaka telah mengalami 4 kali pergantian kepala Desa, Bapak Takrip Tawirmulya Menjadi Kepala Desa Yang Pertama Tahun 1951-1986.

Kedua Bapak Tugiman menjabat antara Tahun 1986-1994 , Ketiga Bapak Toto SugihArto menjadi Kepala Desa periode Tahun 1994-2012 Sampai sekarang